Jumat, 30 Maret 2012

pendidikan kewarganegaraan

1. ringkasan
perjalanan panjang sejarah bangsa indonesia selama era sebelum dan sesudah penjajahan, sampai pengisian kemerdekan menimbulkan konsisi dan tuntutan yang berbeda hal yang tersebutlah maka tumbuhlah menjadi kekuatan yang yang mampu mendorong prosesnya negara NKRI semangat bangsa indonesia di landaskan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa dan keiklasan untuk berkorban. kompetensi yang di harapkan pemerintahan berupaya untuk menjamin para generasinya penerusnya melalui pendidikan kewarga negaraan ehinggah mampu mengubah dan selalu berkait dengan kontek dinamika budaya bangsa negara dan hubungan internasional . tujuan pendidkan kewarge negaraan untuk menunbuhkan wawasan dan sedaranan negara sikap serta prilaku yang cinta tanah air dan bersedihan bangsa indonesia. wawasan nusantara melalui pendidikan kewarganegarran warga indonesia diharapkan mampu memahami dan mampu memhami dan menganalisa dan menjawab permasalahn yang di hadapi masyarakat bangsa dan negaranya secara kondidten dan bersinambung dengan cita2 dan tujuan nasional seperti yang di gariskan pembuakan bangsa indonesia .
bangsa indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya satu bnagsa dan berproses di dalam wilayah nusantara/ indonesia. negara adalah suatu organisasi sekmpokan dari sekompok tertentu yang mengetahui adanya suatu yang ketertiban dan sekelompok manusia tersebut. NKRI adalah negara yang berdaulat bangsa dan negaranya dan memberikan gambaran tentang bagaimana terbentuknya bangsa dimana sekempokan manusia yang berada di dalamnya sebagian dari bangsa . pemahaman hak da kewajiban warga negara terdiri dari warga negara , kewajiban warga negara terdiri dari warga negara , kewajiban warga negara , tanggung jawab warga negara, tanggung jawab warga negara dan peran warga negara .
demokrasi adalah sebuah bentuk kekuasan untuk warga negara dan untuk rakyat (demos). menurut konsep demokrasi kekuasaan menyiratkan arti politik dan pemerintahan, sedangkan masyarakat di definisan sebagai warga negara. bentuk demokrasi dalam pemerintah negara dalam pengertian sistem pemerintah dan negara ada dua bentuk demokrasi dalam pemerintah daam sistem antara lain pemenritahan monarki dan republika. prinsip dasar dalam pemerintahan dalam uud 1945 bahwa negara indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum ,sistem konsistusi ,kekuaaan negara yang tertinggi adalah di tangan mpr. kerangka dasar kehidupan nasioanal meliput keterkaitan antara filsafah pancasila uud1945 , wawasan nusantara dan ketahan nasioanl . hubungan pancasila dan bangsa adalah sila2 daalam menjadi falsafah da cita cita bangsa inonesia . cita2 negara bangsa indonesia yang luhur kemudaian menjadi cita2 negara karena pancasla merupakan landasan idealisme negara kesatuan bangsa indonesia . karena sila2 yang ada merupakan kebeneran hakiki yang perlu di wjudkan . perguruan tinngi perlu mendapatka pendidikan kewarga negaraan karena pergutuan tinggi sebagai intitusi ilmiah yang bertugas secara terus menerus mengembangkan ilmu pengetahuan dan perguruan tinggi sebagai intrmen nasioanal bertugas sebagai penceta kader2pemimpin bangsa. pendidkan kearga negaran di perguruan tinggi di berikan pemahaman filsofi decara ilmiah meliputi pook bahasan yaitu , waawasan nusantara , ketahan nasional , politik dan strategi nasional .

2. opini
perjalanan bangsa indonesia untuk mencapai kemerdekaan di dasarkan oleh jiwa , tekad , semnagat kebangsaan . semua itu tumbuh serta mencapai NKRI . sekarang perjuangan itu dah pasang surut sesuai bermasyarakat , berbangsa dan bernegara . hal tersebut di pengaruhi oleh globalisasi . semoga generasi sekaarang mampuh mengubah masa depan negara ini dengan dinamika kebudayaan , kenegaraan , bangsa dan hubungan internasional dan semoga generasi sekarang mampuh ntuk cinta tanah air dan memperjuangkan bangsa ini.
bangsa indonesia adalah negara kesatuan dan setiap orang nya memiliki kesamaan asal keturunan dat, bahasa, dan sejarah . warga negara mempunyai tanggung jawab untuk mensejahterakan bangsa indonesia salah satuannya ikut tertib dalam memecahan masalah2 bangsa ini . menurut montesque menyatakan bahwa kekuasaan negara harus dan dilaksanakan oleh tiga orang atau badan yang berbeda - beda dan terpisah satu sama lainnya. jadi pendidikan kewarganegaraan supaya warga tau seluk beluk bangsa indonesia ini ataupun bangsa pemimpina2 bangsa .

3. saran
sebaiknya warga negara indonesia harus mempelajari pendidikan kewarga negaraan lebih luas lagi sejak sd, smp , sma dan mahasiswa bila perlu warga2 negara yang tidak sekolah ataupun orang2 tua karena dari situ lah kita mengetahui pendidikan kewarga negaran adalah hubungan negara dengan warga negara , antara negara sertapeendidikan pendahuluan bela negara .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar